Jantung Sering Berdebar? Waspadai Penyakit Ini

Jantung berdebar biasanya dipicu karena berbagai hal, misalnya serangan panik, minum kopi, konsumsi obat-obatan tertentu, bahkan saat bertemu mantan! Tetapi jika mengalami jantung berdebar tanpa sebab, bisa saja kamu mengidap kelainan jantung.



"Kalau misalnya berdebar jangan dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa. Harus selalu dipantau. Karena orang Indonesia sering menganggap ini adalah hal sepele," tutur spesialis jantung dari RS Jantung Harapan Kita, dr Dony Yugo Hermanto, SpJP, Kamis (27/6/2019).

Meski terkesan tidak berbahaya, ada baiknya jika memeriksakan diri apabila jantung berdebar dibarengi dengan gejala lain seperti:
- Mudah merasa lelah dan tak bertenaga
- Napas pendek atau sesak
- Kesulitan saat berolahraga atau beraktivitas
- Ada rasa nyeri atau terhempit di dada
- Rasa melayang dan pusing
- Sering buang air kecil

Perhimpunan Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), menjelaskan jika jantung berdebar memang terjadi akibat kelainan jantung khususnya kelainan irama jantung maka akan menyebabkan sering pingsan, stroke, bahkan henti jantung.
Untuk lebih mencegah kejadian tersebut, masyarakat tentu disarankan agar menerapkan pola hidup sehat.

"Konsumsi makanan sehat, tidak minum alkohol, lebih banyak olahraga dan stop merokok dapat memberikan perbedaan yang bermakna terhadap kesehatan," pungkasnya.

0 Response to "Jantung Sering Berdebar? Waspadai Penyakit Ini"

Post a Comment

Don't spam !!
Be a wise person in commenting. Comments that contain links will not be approved. Thank you for your visit.

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Advertisement